Sabtu, 09 Agustus 2008

For The First Time, GP F1 Singapura!



Grand Prix Formula 1 (GP F1) untuk pertama kalinya diadakan di Singapura pada 26 sampai 28 September 2008. Penyelenggaraan kompetisi tersebut semakin bertambah unik karena diadakan malam hari, sesuatu hal yang baru pertama kali dilakukan dalam sebuah perlombaan F1.

Menurut Direktur Regional Singapore Tourism Board (STB) untuk Indonesia, Filipina dan Brunei Darussalam, Chooi Yee Choong, keselamatan seluruh pembalap yang ikut berlaga tetap terjamin walau perlombaan diadakan pada malam hari.

“Pihak panitia telah melakukan banyak tes untuk memastikan keselamatan para pembalap ketika berlomba. Sirkuit juga akan dilengkapi special lightings sehingga para pembalap tidak akan mengalami kesulitan membalap saat malam hari,” kata Chooi dalam sebuah konferensi pers yang diadakan Kamis (7/8) di Jakarta.

Dia menjelaskan, The 2008 Formula One Singtel Singapore Grand Prix sengaja digelar pada malam hari agar perlombaan tersebut tetap dapat disaksikan pada siang hari oleh penonton setia F1 yang berada di Eropa. Selain itu, juga karena menyesuaikan dengan udara panas pada siang hari di Singapura yang kurang cocok untuk digunakan untuk mengadakan perlombaan F1.

Selain merupakan GP F1 yang pertama kali diadakan malam hari, perlombaan di Singapura juga merupakan perlombaan F1 yang pertama kali diadakan di jalan raya sebuah kota di Asia. Perlombaan ini akan berlangsung di sirkuit jalan raya di sekitar daerah Marina Bay di Singapura.

Chooi juga menyebutkan, dari sekitar 93 persen tiket yang telah terjual, 40 persen merupakan tiket yang dijual kepada pononton yang berasal dari luar Singapura. Penonton Indonesia merupakan target pasar terbesar penjualan tiket tersebut.

“Penonton yang berasal dari Indonesia merupakan target pasar terbesar penjualan tiket di luar Singapura,” kata Chooi.

Penyelenggaraan F1 di Singapura akan terus berkelanjutan, paling tidak sampai lima tahun ke depan, karena telah dibuat kontrak persetujuan kerja sama selama lima tahun antara penyelenggara F1 dengan pihak Singapura.

Berkaitan dengan penyelenggaraan F1 di Singapura, STB juga menggelar Singapore GP Season, yang akan berlangsung dari 20 September sampai 5 Oktober 2008. Menurut Direktur Leisure Marketing and Events Management STB, Geraldine Yeo, akan digelar berbagai acara yang menarik dan unik, seperti Bvlgari Watch Exhibition, Singapore Motorshow, konser artis Jazz Diana Krall, Singapore River Festival serta Singapore Biennale.

“Penyelenggaraan F1 di Singapura akan full of celebration. Kami berharap para pengunjung akan menikmati kehadiran mereka dalam event ini,” kata Geraldine. [SRA]

Tidak ada komentar: