Minggu, 25 November 2007

Water Sports In Batam and Bintan

Calling Of The Wave


Menikmati hari libur di pantai merupakan salah satu alternatif kegiatan akhir pekan yang dapat Anda lakukan. Untuk melepas penat setelah beraktifitas sepanjang minggu, tentulah sangat menyenangkan bila Anda menikmati suasana pantai yang menyegarkan. Selain berenang, ada banyak sekali kegiatan olahraga air yang dapat Anda lakukan di pantai. Dari yang paling extreme hingga memerlukan keahlian khusus untuk melakukannya, hingga yang sangat mudah dan semua orang pun bisa melakukannya. Berikut beberapa olahraga air yang dapat Anda lakukan di Pulau Batam - Bintan.


Banana Boating

Bagi Anda yang ingin merasakan terjangan ombak dan angin dengan kecepatan tinggi, namun tidak ingin mengambil resiko bila melakukannya seorang diri, banana boating adalah olahraga air yang tepat untuk Anda. Anda hanya perlu menaiki perahu karet berbentuk pisang tersebut dan berpegangan pada handle yang tersedia. Perahu tersebut akan ditarik oleh speedboat dengan kecepatan tinggi, hingga Anda akan merasakan sensasi berkecepatan tinggi di laut. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Biasanya akan ada petugas yang ikut pada banana boat yang Anda tumpangi sehingga keselamatan Anda akan terjaga.

Attention: Bila Banana Boat terhempas dengan keras dan terasa tidak mungkin untuk terus berpegangan, jangan paksakan diri anda untuk terus berpegangan. Anda malah akan terseret oleh kecepatan speedboat. Lepaskan tangan Anda dari handle dan rasakan kesegaran air laut setelah Anda terhempas ke dalamnya.

Where and How much to play

Nirwana Gardens Resort, Bintan – S$ 10/ 10 minutes (min 10 pax)

Bintan Lagoon Resort, Bintan – S$ 12/ 10 minutes (3-6 pax)

Batam View Beach Resort, Batam – S$ 5/ride

Harris Resort Batam – S$ 6/ride


Body Boarding

Dengan menggunakan sebuah papan (board) khusus untuk meletakkan tubuh dan mengapung di atas air, Anda dapat mulai melakukan Body Boarding. Dengan mengarahkan papan tersebut, berbagai trik bisa dilakukan. Body Boarding bisa dilakukan di perairan yang mempunyai gelombang ombak yang besar. Anda haruslah seorang perenang yang baik dan memiliki kesehatan yang baik pula untuk melakukan Body Boarding. Anda harus mampu berenang dengan baik tanpa bantuan papan tersebut. Hal yang harus dipelajari agar bisa melakukan Body Boarding adalah cara mengayuh yang benar, hingga tidak menguras tenaga ketika melakukannya. Perhatikan arus yang ada, sehingga Anda tahu ritme mengayuh yang harus anda lakukan. Kombinasikan kayuhan menggunakan tangan dan kaki, atau lakukan keduanya secara bersamaan untuk bergerak cepat.

Attention: Jangan pergi terlalu jauh dari pantai. Hal itu akan memudahkan penjaga pantai menolong Anda bila Anda mengalami kesulitan. Jangan melakukan Body Boarding seorang diri. Jangan langsung melakukan Body Boarding setelah makan atau setelah minum minuman beralkohol. Periksalah papan yang akan anda pakai sebelum melakukan Body Boarding. Perhatikan keadaan sekitar. Pastikan Anda tidak akan berbenturan dengan orang lain.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort, Bintan – S$ 8/hour

Bintan Lagoon Resort, Bintan – S$ 10/hour


Jetskiing

Menerjang ombak dengan mengendarai Jetski akan memberikan Anda suntikan adrenalin rush yang sangat mengasyikkan. Cipratan air laut yang mengenai wajah dan tubuh Anda pun menambah kesenangan yang didapat. Mengendarai Jetski bukanlah sesuatu yang terlalu sulit untuk dilakukan. Setelah Anda menaiki Jetski, pasanglah gelang yang terkait dengan kabel ke tangan kiri anda. Gelang yang terkait dengan kabel ini akan langsung mematikan mesin Jetski bila tersentak. Hal ini ditujukan agar Jet Ski tidak terus melaju ke sembarang arah ketika pengendaranya terjatuh. Nyalakanlah mesin Jetski dengan cara menekan tombol hijau yang berada di setang kiri. Setelah mesin menyala, anda tinggal menekan tombol gas yang berada di setang kanan untuk mulai mengarungi lautan dengan menggunakan Jetski! Lakukanlah berbagai manuver yang mudah untuk membiasakan diri Anda mengendarai Jetski. Setelah lebih menguasai pengendaliannya, cobalah untuk melakukan berbagai manuver yang lebih sulit.

Attention: Jangan bermain terlalu jauh ke tengah laut, karena bahan bakar yang tersedia pada Jetski tidak terlalu banyak. Selalu jaga keseimbangan tubuh Anda ketika sedang bermanuver. Selalu perhatikan daerah sekitar Anda. Jangan sampai Anda menabrak karang atau orang lain. Ketika akan kembali ke pantai, matikanlah mesin Jetski yang Anda kendarai agak jauh dari pantai. Hal ini dilakukan agar Jetski Anda tidak menabrak pantai.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort, Bintan – S$ 110/hour

Bintan Lagoon Resort, Bintan – S$ 125/hour

Batam View Beach Resort, Batam – S$ 95/hour (min 2 pax)

Harris Resort Batam – S$ 60/30 minutes


Scuba Diving

Untuk dapat melakukan scuba diving, memang diperlukan suatu keahlian khusus. Bagi Anda yang ingin melakukannya, diharuskan untuk melakukan latihan terlebih dahulu agar menguasai segala sesuatunya tentang olahraga ini. Di daerah Batam – Bintan, banyak sekali lokasi diving yang menawarkan pengalaman bawah laut yang menyenangkan. Hal itu disebabkan oleh lokasi diving yang masih sangat bersih dan alami, sehingga dipenuhi oleh terumbu karang dan ikan-ikan yang menakjubkan untuk Anda lihat.

Attention: Lakukan scuba diving dengan ditemani oleh instruktur berpengalaman. Perhatikan keadaan peralatan yang Anda gunakan untuk menyelam. Bernafaslah melalui mulut. Perhatikan safety stop yang harus dipatuhi. Ketika menuju ke permukaan, jangan berhenti bernafas. Dengan berhenti bernafas, dapat menimbulkan kerusakan pada aliran darah dan menyebabkan darah keluar dari telinga dan hidung.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort, Bintan – S$ 40 to S$ 75 (equipment rent does not included)

Bintan Lagoon Resort, Bintan – S$60 to S$ 90 (equipment rent does not included)

Snorkeling

Hal yang membuat snorkeling sangat menyenangkan untuk dilakukan adalah semua orang, tanpa memandang usia, dapat melakukannya. Bisa dikatakan bahwa snorkeling adalah cara termudah dan paling menyenangkan bagi keluarga untuk menikmati keindahan dunia bawah laut. Walau demikian ada berbagai hal yang harus diperhatikan agar dapat melakukan snorkeling dengan baik. Pastikan peralatan yang Anda gunakan dalam keadaan baik dan ukurannya pas dengan anda. Peralatan utama yang digunakan untuk melakukan snorkeling adalah mask, snorkel, fins. Peralatan tambahan yang bisa digunakan adalah mesh bag, sun protection suit, sunscreen waterproof, fish identification book, underwater camera.

Attention: Pemakaian alat yang tidak pas dapat menyebabkan ketidaknyamanan ketika melakukan snorkeling. Mask dan snorkeling vest yang kebesaran tentu akan membuat siapapun menjadi malas untuk ber-snorkeling.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort - Children S$10/pax; Adult S$ 35/pax (min 8 pax)

Bintan Lagoon Resort – S$ 35/pax for 1.5 hour

Batam View Beach Resort, Batam – S$ 15/hour


Wakeboarding


Wakeboarding adalah suatu olahraga air yang mempunyai konsep sama seperti snowboarding. Dengan berdiri sejajar dengan papan (board), berbagai trik pun bisa dilakukan.

Olah ragai ini memiliki kemiripan dengan water skiing, bahwa Anda juga ditarik dengan speed boat dengan kecepatan tinggi agar bisa tetap meluncur di permukaan air. Berbagai trik yang bisa dilakukan sangat mirip dengan skateboarding, seperti ollie, 180˚ turn, slide dan berbagai trik lainnya.

Attention: Jaga keseimbangan Anda ketika speed boat mulai menarik Anda dari dalam air. Jika tidak hati-hati, Anda dapat terjatuh dan terseret oleh speed boat.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort - S$ 100/hour

Bintan Lagoon Resort – S$ 75/30 minutes

Batam View Beach Resort, Batam – S$ 70/hour

Windsurfing

Windsurfing menggunakan windsurf board, biasa disebut juga sailboard, biasanya berukuran dua hingga lima meter dan digerakkan oleh angin yang menerpa layar yang terpasang di papannya. Layar tersebut tersambung ke papan oleh U-Joint yang dapat bergerak bebas. Pengendaliannya adalah dengan cara menggerakkan dan memutar tiang tersebut dengan tangan, juga dengan cara mengarahkan papan dengan kaki. Olahraga ini menggabungkan olahraga sailing dan surfing, juga beberapa segi olahraga lain seperti skaterboarding, snowboarding, waterskiing dan wakeboarding.

Attention: Ketahuilah terlebih dahulu arah dan kekuatan angin, karena pada dasarnya windsurfing adalah olahraga yang menggunakan angin sebagai tenaga penggeraknya. Kuasai pengendalian windsurf board, baik dengan menggerakkan papan atau sail.

Where and How much to play

Nirwana Beach Resort, Bintan – S$ 25 to S$ 90/pax

Tidak ada komentar: