Jumat, 27 Maret 2009

Laga Penentuan Liverpool


[LONDON] Perjuangan Liverpool untuk kembali menjadi juara Liga Inggris setelah penantian selama 19 tahun akan ditentukan akhir pekan ini. Pasalnya, tim berjulukan "Si Merah" itu akan menghadapi pimpinan klasemen sementara, "Setan Merah" Manchester United (MU), di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu (14/3).

Gagal meraih kemenangan, apalagi mengalami kekalahan, maka sangat berat bagi Liverpool untuk meraih gelar juara. Saat ini, Liverpool berada di peringkat ketiga klasemen, tertinggal tujuh angka dari MU. Itu pun, MU masih mempunyai satu pertandingan sisa.

Raihan kemenangan bagi Liverpool pada laga nanti sebetulnya bukanlah suatu hal yang mustahil terjadi, meski tim asuhan pelatih Rafa Benitez tersebut harus berlaga di Old Trafford yang sering menjadi 'ladang pembantaian' tim-tim kuat Eropa, di mana terakhir klub Italia Inter Milan yang harus mengalami kekalahan 0-2 di stadion tersebut.

Syaratnya, para pemain "Si Merah" harus dapat kembali memperagakan permainan menawan saat mereka menghancurkan klub Spanyol Real Madrid 4-0 di Stadion Anfield, Liverpool Selasa (10/3) lalu pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Permainan taktis yang dibarengi dengan penyelesaian akhir yang baik memang wajib diperagakan Steven Gerrard dkk agar bisa menjungkalkan MU, karena tim tuan rumah memiliki form yang sangat bagus di liga. MU selalu meraih kemenangan dalam 11 pertandingan terakhirnya di Liga Inggris.

Percaya Diri

Benitez menyatakan, tim asuhannya saat ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi berkat kemenangan telak atas Madrid dan siap menghadapi laga kontra MU.

Kubu Liverpool tentunya ingin kembali mengulang hasil memuaskan pada pertemuan pertama kedua tim di ajang Liga Inggris musim ini. Bertanding di Stadion Anfield, Liverpool meraih kemenangan 2-1 atas MU.

MU tentu akan juga berusaha mengatasi lawannya, sehingga mereka terus menjauh dari para pesaingnya. "Kami dapat mengakhiri peluang Liverpool menjadi juara bila meraih kemenangan pada pertemuan nanti. Kami sangat menantikan untuk mewujudkan kemenangan itu," tutur penyerang Wayne Rooney.

Pada laga nanti, Benitez tampaknya akan memainkan penyerang asal Spanyol, Fernando Torres bersama Kuyt di lini depan Liverpool. Gerrard bersama Xabi Alonso, Javier Mascherano, dan Albert Riera akan menjadi andalan di lini tengah, sedangkan kuartet bek Alvaro Arbeloa, Martin Skrtel, Jamie Carragher, dan Fabio Aurelio bahu-membahu dengan kiper Pepe Reina.

Pelatih MU, Sir Alex Ferguson, tampaknya juga akan menurunkan kekuatan penuh. Duet penyerang Rooney dan Dimitar Berbatov akan didukung Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Michael Carrick dari lini tengah. Kiper Edwin van der sar akan mendapat pengamanan dari kuartet bek Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Patrice Evra, dan John O'Shea. [AFP/AP/SRA/W-11]

Tidak ada komentar: