Jumat, 27 Maret 2009

Liverpool Hancurkan Madrid


[LIVERPOOL] Klub asal Inggris Liverpool menghancurkan tim raksasa Spanyol Real Madrid dengan empat gol tanpa balas pada laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (10/3) malam atau Rabu (11/3) dini hari WIB.

Berkat kemenangan 4-0 tersebut, Liverpool lolos ke babak perempat final dengan agregat gol akhir 5-0. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di kandang juara sembilan kali Liga Champions itu, dua pekan lalu, Liverpool meraih kemenangan 1-0.

Kapten Liverpool Steven Gerrard menjadi inspirator kemenangan tim berjulukan "Si Merah" tersebut dan mencetak dua gol, yaitu pada menit ke-28 (penalti) dan 47. Penyerang andal asal Spanyol Fernando Torres menyumbangkan gol pertama Liverpool pada menit ke-16. Gol terakhir pertandingan dicetak Andrea Dossena pada menit ke-88.

Kemenangan ini tentu disambut gembira pelatih Liverpool Rafa Benitez. "Orang- orang di Spanyol berpikir bahwa tim saya bermain kurang menyerang, namun lihatlah hasil ini dan 119 gol yang kami hasilkan musim lalu. Kami adalah tim nomor satu di Eropa, dan raihan kemenangan telak atas klub hebat seperti Real Madrid memang sangat memuaskan," tutur pelatih asal Spanyol tersebut.

Benitez juga berharap penampilan impresif Liverpool di ajang Eropa ini akan berlanjut ke kompetisi domestik. Apalagi saat tim yang juga berjulukan "The Kop" tersebut bertandang ke markas pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Manchester United, akhir pekan ini.

Sangat Kecewa

Sementara itu, pelatih Madrid Juande Ramos mengaku sangat kecewa dengan kekalahan telak yang diderita timnya. Namun, ia juga mempertanyakan sah tidaknya dua gol pertama Liverpool. "Kami tentu sangat kecewa dan sedih karena tersingkir dari kompetisi. Kami kebobolan dua gol cepat yang patut dipertanyakan," tutur Ramos.

Pada proses terjadinya gol pertama, bek Madrid Pepe tampak ditarik ke tanah oleh Torres. Bola yang mengenai sang pemain bertahan kemudian dikuasai penyerang asal Belanda Dirk Kuyt yang lalu memberikan umpan matang yang diselesaikan Torres dari jarak enam meter.

Pepe justru menerima kartu kuning karena melayangkan protes atas kejadian ini. Torres, yang merupakan mantan pemain Atletico Madrid, rival sekota Real Madrid, merayakan golnya di depan para penggemar tim tamu.

Pemain berjulukan "El Nino" ini sebelumnya diperkirakan hanya akan bermain pada menit-menit akhir pertandingan, namun dia ternyata dapat bermain sejak menit awal dan baru ditarik keluar setelah tampil selama lebih dari 80 menit.

"Saya berusaha keras untuk bisa kembali fit karena sangat penting bagi saya untuk bermain dalam laga ini sehubungan dengan sejarah yang saya miliki bersama Atletico. Rasa sakit tidak menjadi masalah dalam laga seperti ini," kata Torres.

Gol kedua Liverpool juga sedikit berbau kontroversi karena penalti diberikan setelah bek Madrid, Gabriel Heinze dianggap melakukan handball. Padahal, pemain bertahan Liverpool Alvaro Arbeloa tampak hanya memantulkan bola ke pundak Heinze.

Gerrard menyelesaikan hadiah tendangan 12 pas tersebut dengan baik dan kemudian kembali mencetak gol pada babak kedua setelah menerima umpan matang Ryan Babel.

Gol terakhir Liverpool terjadi setelah Dossena menerima umpan silang Javier Mascherano dan keunggulan 4-0 tim tuan rumah bertahan sampai akhir pertandingan. [AP/AFP/SRA/W-11]

Tidak ada komentar: